POTENSI PEMANFAATAN BATU KAPUR BAYAH BANTEN SELATAN UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT BAYAH,, SUDAHKAH???

S5000621Prolog

Metalurgi menurut wikipedia (www.wikipedia.org) berarti ilmu, seni dan teknologi yang mengkaji proses pengolahan dan perekayasaan mineral & logam. Ruang lingkup metalurgi meliputi pengolahan mineral (mineral dressing), ekstraksi logam dari konsentrat mineral (extractive metallurgy), proses produksi logam (mechanical metallurgy) dan perekayasaan sifat fisik logam (physical metallurgy). Jurusan/Program Studi teknik Metalurgi di Indonesia saat ini hanya terdapat di 3 Universitas dan 2 Institut, itupun dengan penekanan keilmuan dan nama prodi yang berbeda-beda (ITB-teknik material, ITB-teknik metalurgi, UNJANI-teknik metalurgi, ITS–teknik material & metalurgi, UI-teknik metalurgi & material dan UNTIRTA-teknik metalurgi). Jurusan Teknik Metalurgi UNTIRTA yang notabenenya terletak di Propinsi BANTEN dan terdapat di lokasi strategis berdampingan dengan pabrik besi baja terbesar di Indonesia tentunya akan terkonsentrasi untuk pengembangan keilmuan di bidang hilir (produksi Besi Baja). Namun demikian, sebetulnya Metalurgi UNTIRTA pun mempelajari industri hulu -industri bahan-bahan pertambangan, bahan-bahan penyedia untuk industri hilir- Misalnya saja batu kapur, yang digunakan sebagai bahan pendukung dalam proses peleburan produksi baja di Krakatau Steel. Untuk itu tentunya metalurgi UNTIRTA tertantang untuk memberdayakan potensi yang ada di BANTEN, mengingat potensi pertambangan daerah banten cukuplah banyak.

Potensi Pertambangan Kapur

Propinsi Banten mempunyai sumber daya alam yang cukup banyak salah satunya adalah batu kapur (CaCO3) yang terletak di kecamatan Bayah. Bayah adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten,. Bayah mempunyai luas wilayah 156.43 km2, dengan jumlah penduduk sekitar 37,124 jiwa, terdiri dari 9 desa yaitu: Bayah Barat, Sawarna, Cidikit, Suwakan, Cimancak, Darmasari, Bayah Timur, Cisuren, dan Pasir gombong. Cadangan batu kapur (CaCO3) di daerah ini diperkirakan kurang lebih 22 juta ton, yang tersebar di daerah perbukitan di tiap desanya.

Potensi tersebut belum di manfaatkan secara optimal oleh masyarakat sekitar, padahal kegunaan kapur sangatlah luas seperti pada industri peleburan logam (digunakan sebagai fluks), industri semen dan gula, bahan bangunan, penetral keasaman tanah, pembuatan pupuk organik, pengolahan air bersih serta untuk menetralisir air yang mengandung CO2. Pada saat ini, masyarakat sekitar hanya menjual batu kapur ini dengan keadaan apa adanya, artinya penjualannya masih dalam bentuk apa adanya dari bahan tambang (Run of Mine), sehingga harganya pun murah.

Di daerah lain, (misal Padalarang Jawa Barat) proses penguraian batu kapur menjadi kapur sudah banyak dilakukan baik dalam skala industri besar maupun dalam industri kecil. Sehingga nilai ekonomisnya pun bertambah. Perusahaan pertambangan kapur di Bayah belum bisa mengolah batu kapur yang mempunyai nilai ekonomis. Salah satu penyebab perusahan pertambangan yang ada di Bayah tidak mengolah batu kapur adalah harga jual kapur bakar/tohor tidak sebanding dengan biaya produksi. Pada biaya tersebut, biaya yang dikeluarkan untuk energi merupakan biaya yang paling tinggi (umumnya pihak produsen tidak mengetahui kapan kondisi optimal proses, sehingga terjadilah pemborosan energi). Padahal sebetulnya, hal tersebut dapat di tekan dengan cara mencari nilai konstanta laju reaksi. Konstanta laju reaksi adalah besaran yang sangat penting untuk melakukan proses dekomposisi batu kapur dengan cara kalsinasi. Nilai ini didapat dengan menghitung data-data dari parameter prosesnya (misal: ukuran, bentuk batu kapur, penghitungan energi, dll). Dengan menggunakan nilai konstanta laju reaksi, maka waktu dan temperatur kalsinasi dapat diketahui sehingga batu kapur dapat terurai sempurna. Dan untuk itu kita secara otomatis dapat dengan tepat menentukan proses optimal sehingga pemborosan energi energi dapat diminimalisir. Penelitian telah kami lakukan yang bertujuan mengetahui berapa besar nilai konstanta laju reaksi dan energi yang minimum yang dibutuhkan untuk menjalankan proses kalsinasi batu kapur dari kecamatan Bayah, sehingga kebutuhan energi dan biaya produksi kalsinasi dapat diperkirakan.

Pemanfaatan batu kapur Bayah untuk Industri peleburan logam

Pada bidang industri metalurgi (peleburan logam), batu kapur (CaCO3) merupakan bahan tambang yang dipakai sebagai fluks (bahan pengikat pengotor logam/ terak). Pengumpanan kedalam tanur peleburan dilakukan bersama-sama dengan komponen bahan baku dan bahan bakar, Kemudian batu kapur ini akan terurai menjadi kapur bakar (CaO) pada temperatur kurang lebih 9500 C. Kapur bakar (CaO) inilah yang berfungsi sebagai bahan pengatur kebasaan terak, sehingga pada setiap proses peleburan selalu dibutuhkan batu kapur. Dalam prakteknya, apabila ke dalam tanur saat pengumpanan yang dimasukan kapur gamping (CaCO3), bukan kapur bakarnya (CaO), maka tanur tersebut bekerja ganda, yaitu terlebih dahulu menguraikan batu kapur menjadi kapur bakar. Hal ini tentunya merugikan, karena berkaitan dengan energi yang diperlukan cukup tinggi untuk proses penguraian tersebut (konsumsi energi yang tinggi pada saat proses penghilangan CO2), padahal tujuan utama proses adalah melakukan proses peleburan logam dengan energi yang seminimal mungkin. Untuk itu ,di dalam industri metalurgi, dilakukan proses secara terpisah yaitu proses kalsinasi dengan tanur kalsinasi tersendiri untuk menghasilkan CaO. Keuntungannya adalah proses dapat menggunakan bahan bakar yang murah untuk pembakarannya dan tentunya membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat. Teknologi penguraian batu kapur merupakan teknologi yang sederhana dan mudah dikuasai. Tanur kalsinasi ini juga dapat dibuat dengan sederhana dan murah.

Analisa Ekonomi Batu Kapur Bayah

Berdasarkan hal diatas, melihat pentingnya kapur bakar untuk industri peleburan logam, dan cadangan yang banyak tetapi hanya di jual apa adanya dengan harga murah, maka mestilah dilakukan pengerjaan tambahan terhadap batu kapur Bayah berupa penguraian secara termal. Dengan itu maka nilai jualnya pun akan meningkat. Dengan cara yang paling sederhana pun sebetulnya dapat dilakukan, yaitu dengan membakar batu kapur ini agar terurai menjadi kapur bakar melalui tungku sederhana yang dapat di kembangkan secara mudah dan murah. Apabila batu kapur tersebut dijual dalam bentuk kapur bakar, maka akan di peroleh nilai jual yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan nilai jual batu kapur. Jumlah kapur yang dibutuhkan sebagai fluks dalam peleburan baja PT. Krakatau Steel Cilegon sebesar 150 ton per hari. Selama ini kebutuhan kapur tersebut di suplai oleh Pabrik kapur Krakatau Steel Cilegon, dengan harga 800,- per kg dan itupun masih belum mencukupi. Berdasarkan data pemasaran Krakatau Steel disebutkan bahwa harga kapur mentah yang sudah di packing (CaCO3) sekitar Rp.300 per kg dan harga kapur bakar (CaO) sebesar Rp.800 tiap kgnya. Dari sini terlihat bahwa sangat signifikan perbedaan harga antara kapur mentah dan kapur bakar. Peluang investasi yang akan signifikan terhadap kegiatan perekonomian adalah berdirinya pabrik pengolahan batu gamping, yang mengolah bahan tambang berupa batu kapur ini.

Epilog

Andai ditelaah lebih jauh, seperti paparan diatas tentu sangatlah layak bagi stakeholder untuk mengembangkan perusahaan kapur bakar di daerah Bayah. Potensinya cukup, prosesnya sudah diketahui, dan penjualan pun sudah ada kejelasannya. Satu hal penting lainnya adalah usaha untuk mensejahterakan masyarakat “kecil” disana. Sebab, apabila pabrik pengolahan batu kapur di buat di kecamatan Bayah, serta tenaga kerja diambil dari masyarakat sekitar, maka secara otomatis akan meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar kecamatan Bayah. Tinggal sekarang, seberapa peduli kita akan itu, bukan sekedar mengangguk-nganguk tanda mengiyakan, tapi sudah seharusnya terjun pada “kubangan” nya. Apakah kita hanya akan menunggu, sampai suatu saat pihak asing mengakusisinya???? Lagi-lagi keterlambatan akan kita dapatkan, seperti kebanyakan sifat orang indonesia !!!!

*( Mahasiswa teknik Metalurgi FT.UNTIRTA; Ketua Himpunan Mahasiswa Metalurgi UNTIRTA Periode 2008-2007; Pembina Ikatan Mahasiswa Cilangkahan Banten Selatan; Team kajian Studi Kelayakan Batu Kapur Bayah – Teknik Metalurgi UNTIRTA Cilegon – 2008; Kepala div. kerjasama Forum Angota Muda Persatuan Insinyur Indonesia cilegon, Tinggal di cilegon, asli daerah Malingping)

106 responses to “POTENSI PEMANFAATAN BATU KAPUR BAYAH BANTEN SELATAN UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT BAYAH,, SUDAHKAH???

  1. Ping balik: Potensi Provinsi Banten | Info Bisnis | Banten Biz

  2. bagaimana dgn kadar Cao yg ada sprt di daerah kami Cipatat Padalarang Bandung Barat? apakah ada perbedaan mengingat lahan gamping berada ditengah pulau Jawa, dan tungku2nya pun sdh lama berdiri, malah utk pemasaran saja kpd perusahaan tdk bisa langsung melainkan dgn di serap olh penjual? yg mana mrk tdk memPROduksi ttp hanya penjual

  3. batu kapur yang mo d kalsinasi ukuranya berapa y k??
    truz setelah proses kalsinasi di rotary kiln cao itu di dinginkan dengan rotary dryer kan??
    alat angkot dari rotary kiln menuju ke rotari dryer pake conveyor jenis apa ya k???
    mohon bantuannya…buat rancangan pabrik niy…

  4. Dear fika,

    ukuran saya lupa persisnya berapa, kira-kira 50 mm (kalo tidak salah, sebab itu pakenya screen 50-60). Kalo untuk skala pabrik mungkin menggunkan rotary dryer, tapi waktu percobaan cuma natural drying aja. Conveyor yang digunakan yaitu belt conveyor.

    Btw, rancangannya tentang _Pabrik kapur??? kalo begitu bagus itu untuk diaplikasikan, mungkin kita bisa kerjasama, hehe….

    Regards,

    -Riki Gana-

    • salam kenal mas riki,kalau posisi masih di cilegon barangkali boleh dong ikut sharing tentang kapur ya.sya juga dicilegon. terimksh

      rofi
      081617339668

  5. Kadar batu kapur sprti apa yg dibutuhkan??
    lantas mesin sprti apa yg dapat digunakan utk menghancurkan batu kapur trsbut??

    Bgmn dgn rncangan pabrik yg dbutuhkan untuk pngolahan??

    Thanks
    -Zakharia_

  6. Di daerah saya (grobogan) kapur bakar pernah berjaya 10 thn lalu sebagai bahan bangunan, kini yang tersisa hanya ‘monumen’ puluhan tobong/tanur yang tidak terpakai karena tidak tau pasarnya kemana, kalau ada investor yang berminat, disini bahan baku dan tobong pembakaran melimpah
    bisa email saya : arch3ry [at] gmail [dot] com

  7. mas ada yg punya knalan PT yg dpt suply Batu kapur? kalau ada hub sy 087885397939, kt lg btuh 50 rb ton stiap blnya,….. tq.

  8. Ok kalau gitu dt2 tentang kapur Bayah bisa di resend keemail ini atau ke lain (sudaryanto@tripanoto.co.id)

    Tks atas komunikasinya mdh2an berlanjut.

    Wsslm,
    Sudaryanto

    • oke pak..
      kemaren sudah saya kirim format zip.
      kalo memang gada nanti sore ini ato besok, ada waktu sya kirim… (datanya ad d laptop kbtulan ga kebawa)
      mungkin ada email yg lain pak, takut gagal lagi..

      salam,

      Riki Gana

    • Salam kenal balik mba,

      Alangkah baiknya dilengkapi dengan spek kimia, untuk pabrik besi baja biasanya hal yang pertama jadi pertimbangan adalah komposisi kimia.

      regards,
      Riki Gana

    • Saya ada batu dolomit bakar dan batu kapur,,tapi tempatnya di tubanjawa timur,,tolong di bantu pemasarannya,,mudah-mudahan kita bisa bekerja sama,,insya allah saya bisa memenuhi kebutuhan pabrik dengan jumlah banyak,,kalau ada yang butuh hubungi saya di nomer ini(082142355550) (0356) 811062,thk

  9. asalam,..
    subhanallah ya,..
    banyak banget yg koment,..lg nyari bahan buat lab.met nih bang rgs,.. eh ketemu ini,..
    gmn kbr na b’rgs??

    • sehat bang?? tak ada kabar lg rasanya setelah lulus….
      Dulu kebetulan dengan pak didied dan beberapa anak2 metal bikin feasibility study untuk kapur di Bayah, beberapa data didapat dari DISTAMBEN Lebak -karena kebetulan dulu saya sekalian TA di batu Bara Bayah – lainnya hasil sharing dengan pa Didied n mas Asrori (karna dulu beliau TA tentang kapur).

  10. halo pak riki, bisakah diemailkan utk desain dapur kapur tohor yang nantinya hasilnya bisa masuk ke spek metalurgi, seperti byk yg dibutuhkan oleh pabrik2 peleburan besi,kontribusi bapak kami tunggu.terimakasih.

  11. Hai.. salam kenal..
    saya sedang cari info lokasi/daerah yang bisa dijadikan tambang kapur di sekitaran Banten..

    Jika ada infonya mohon di sharing.. sekalian desain dapur kapur tohor yang nantinya hasilnya bisa masuk ke spek metalurgi, seperti byk yg dibutuhkan oleh pabrik2 peleburan besi

    Terimakasih banyak untuk bantuannya..

    Salam,
    cacarani

  12. Hai.. salam kenal..
    saya sedang cari info lokasi/daerah yang bisa dijadikan tambang kapur di sekitaran Banten..

    Jika ada infonya mohon di sharing.. juga jika boleh saya minta info seperti pak Breh diatas.. untk spek metalurgi.

    Terimakasih banyak untuk bantuannya..

    Salam,
    cacarani

  13. pak,gimana sih proses dan langkah2 pemurnian co2 menjadi co2 murni? dan menggunakan zat apa?

    twrimakasih,wasalam

    laily

  14. Salam kenal pak riki

    Saudara saya memiliki lahan gamping di sukabumi, jual manual ke tobong sekitar, mau nanya pasaran batu kapur mentah (caco3 80%) yg bpk tau.karena ditawar tetangga cuman rp 40/kg (20-30cm). Kalau ada yg mau bayar lebih boleh.ada saran nggak?

    Donny
    0811195477

    • Pak Dony , salam kenal juga dari gustiarso .
      sya ingin tau , kapasitas produksi batu kapur yang bapak punya ?
      sya ingin membantu penjualan batu kapur bapak ke daerah sumatra dan membutuhkan batu kapur yang sangat bnyak. kurang lebih sekitar 2000-3000 ton per bulan.

      gustiarso
      085334330307

      • Salam buat semua,… Saya punya lahan batu kapur di ciamis ( jawa barat ) dan sudah di pasaang 2 unit mesin R4 buat ke mess 200, 2 unit mesin granule.buat di mess 80 dan di untuk pakan ternak. dan kadar cAcO3 sktr 98% up. barang kali saudara2 ada yang berminat silahkan hub saya RUSENO BUDIARSO: phone; 0811 211 329. 0818 611 073. Email: rusenobudiarso73@gmail.com

  15. permisi.. selamat sore semuanya
    bila ada yg berminat untuk menjadi vendor / suplayer batu kapur di perusahaan posco – KS, silahkan hubungi saya di email e.edoo@yahoo.com, asalkan memiliki ijin & KP lahan, karena saya memiliki akses dr bagian logistik. tks

  16. Sy dari perusahaan pabrik baja modal asing, Insya Allah akan mencari sumber batu kapur sekitar bayah, bisa jadi guide ga Pak Riki? Lokasinya yang dekat pantai agar mudah ke tongkang

    • Salam BpkPhillipe chan

      saya ada lahan kapur cAcO3 yang sudah di pasang 2 unit mesin R4 dan 2 unit mesin granule kadar 98% untuk lebih lanjut bissa hub saya di 0811 211 329 atau 0818 611 073. ciamis (jawa barat)
      Email; rusenobudiarso73@gmail.com

      trim’s

  17. Salam kenal buat pa Riki..
    d’daerah saya Jateng banyak trdpt kapur mentah(limestone)+yg sudah melalui proses pembakaran.. yg saya butuhkan adlh marketingy kmn???
    krna selama ini kami hanya memasarkan untuk campuran bahan bangunan itu jg yg sudah melelui proses pembakaran..
    apa pak riki bs bantu untuk marketingnya???
    Tq shrng n infrmsiy..

  18. cuman share pak riki, klo ada saya juga bz suplay batu kapur/gamping dalam jumlah banyak, kami dari Bangkalan – madura yang konon mempunyai kualitas paling bagus se indonesia, krn kami dah produksi sejak tahu 1950 s/d sekarang. trimssssssssssss

  19. Saya punya stok kricak batu kapur uk 0-5mm, 10-20mm, 20-30mm sebanyak 6000 ton. daerah asal Rembang, jw tengah. kdr CaO 53%, SiO2 0,02%, CaCO3 93% siapa berminat hub di No 0856-4061-7773, yunan.indonesia@gmail.com. serta abu batu uk 0.3-1mm utk pakan ternak. Numpang iklan mas Riki..thanks.

  20. Di tempat saya Ponorogo banyak usaha pembakaran gamping, mohon info untukmengetahui kadar CaCo3 (dengan apa,dimana ) dan pemasaran selain bahan campuran bangunan> Suwun Dulur-dulur…..

  21. salam kenal pak,
    saya dari gunung kidul apakah yang di maksud batu kapur seperti yg ada di daerah gn kidul?
    di tempat kami stock melimpah,ada yang bisa bantu kerjasama pemasaran.
    hub:ms.mitrasolusindo@gmail.com

  22. Salam kenal,

    Saya Jeffrey. Saya ingin mencari supplier2
    batu kapur bongkahan untuk pabrik saya di daerah Tangerang. Apabila ada yang bisa supply, kita bisa kerjasama. Silahkan hubungi saya di 08118113777 atau 08161910328.

    Bisa juga Email saya di tjhe.jeffrey@gmail.com

  23. Salam Kenal juga,…

    Saya juga sedang merencanakan buat pabrik kapur di KIEC Cilegon, rencana awal bahan bakunya dari Cilacap, tapi kalau ada yang bisa supply Kapurnya boleh kirim ke saya sampel berikut data lengkapnya,atau bisa email dulu ke saya: rudi.Alindo@gmail.com, siapa yang tertarik ditunggu,…
    Terima kasih

  24. Salam pak Riki
    Saya mencari Pembeli yang butuh Abu Kapur dari hasil Pembakaran Batu Kapur HASIL PROSES PEMBAKARAN PABRIK KERTAS DI PROPINSI RIAU..
    STOCK 30-40 TON PER BULAN

    TERIMA KASIH

    FIRDAUS
    082169824666

  25. Salam kenal semua
    Saya punya kapur dalam jumlah besar dengan kualitas bagus dan berpengalaman supply untuk beberapa pabrik dan industri di Indonesia ( +/- 20 Thn ). Jika ada yang memerlukan produk bisa hub : 081317999135 atau email : m.adiyad@yahoo.co.id
    Thanks,

  26. Maaf saya herry wibisana GM PT Bende Lembaran Baru, kami adalah perusahaan pengolahan batu kapur calcium carbonate (CaCo3) dengan kadar CaCo3 97,96% berlokasi di Padalarang-Bandung Barat, apabila ada yang membutuhkan hub 082216020990/083822537537 pin bb 2984f988, saat ini kami supply ke krakatau steel, posco krakatau, dan pabrik pakan di daerah jabotabek

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s