Arti sebuah pengkaderan di METALURGI:

Oleh: Riki Gana 041226*)

Prolog

Selamat datang generasi baru di metalurgi, mau tidak mau suka atau tidak suka, rekan-rekan adalah generasi penerus kami, generasi harapan pengembang metalurgi..

Orang-orang terpilih yang akan melanjutkan perjuangan di Metalurgi UNTIRTA guna berbakti dan mengabdi dalam mengaplikasikan ilmu metalurgi.

Sebelum berbicara lebih lanjut, alangkah baiknya kita telaah terlebih dulu apa sebetulnya pengertian dari Metalurgi ini. Tidak bermaksud menggurui rekan-rekan yang lebih dulu bergelut dibidang metalurgi. Tapi setidaknya mengingat kembali agar selalu terpatri dalam sanubari. Bukan begitu bukan..????

Metalurgi menurut wikipedia indonesia berarti ilmu, seni dan teknologi yang mengkaji proses pengolahan dan perekayasaan mineral & logam. Ruang lingkup metalurgi meliputi pengolahan mineral (mineral dressing), ekstraksi logam dari konsentrat mineral (extractive metallurgy), proses produksi logam (mechanical metallurgy) dan perekayasaan sifat fisik logam (physical metallurgy).

Mungkin bingung bagi mahasiswa/i baru dengan istilah tersebut. Tapi tidak mengapa, karena seiring dengan waktu tentu akan mempelajari hal tersebut. Yang pasti inilah metalurgi –ilmu, seni dan teknologi– tiga hal yang apabila di kombinasikan akan menghasilkan sesuatu yang indah, tepat, serta bermanfaat.

Jurusan/Program Studi teknik Metalurgi di Indonesia saat ini hanya terdapat di 3 Universitas dan 2 Institut, itupun dengan penekanan keilmuan dan nama prodi yang berbeda-beda (ITB-teknik material, ITB-teknik metalurgi, UNJANI-teknik metalurgi, ITS–teknik material & metalurgi, UI-teknik metalurgi & material dan kita UNTIRTA-teknik metalurgi). Memang masih sangat jarang di Indonesia, tapi justru inilah kesempatan besar untuk mengembangkannya.

Pada kesempatan ini kita tidak akan membahas secara mendetail apa itu metalurgi. Tetapi lebih kepada istilah ”pengkaderan”. Mengapa demikian?? Sebab hal ini tak kalah pentingnya dengan proses perkuliahan di metalurgi. Karena merupakan hal pertama yang akan menempa dan mengantarkan kita untuk mencapai tujuan di metalurgi. Sebagai ajang pembelajaran bagi kita, mengenal bagaimana dunia di metalurgi UNTIRTA. Yang didalamnya berisi berbagai aspek baik hard skill (misal:akademis) maupun soft skill (mis: attitude, manajerial, keorganisasian, kekeluargaan, dsb). Secara lebih sederhana pengkaderan di metalurgi merupakan proses awal pengenalan kemetalurgian sebagai jembatan pencapaian adaptasi yang bertujuan untuk mencari dan membentuk kader-kader yang siap mengaplikaskan ilmu metalurgi seiring dengan tri darma perguruan tinggi.

Isi

Jadi apakah pengkaderan? Pengkaderan merupakan sebuah proses penggemblengan tenaga-tenaga untuk berjuang, tenaga yang telah dipimpin dan dilatih sedemikian rupa sehingga mahir dalam seluk beluk sesuatu. Itu menurut kamus besar bahasa Indonesia. Dan tentunya sesuai dengan yang di maksudkan disini, pengkaderan di Teknik Metalurgi FT.UNTIRTA.

Berbicara pengkaderan, semua organisasi tentunya memiliki alurnya masing-masing, begitupun di Metalurgi. Dan dalam hal ini HIMAMET-lah yang berkapasitas untuk mengurusinya –sebagai representasi seluruh mahasiswa Teknik Metalurgi UNTIRTA-. Terdapat beberapa tahapan dalam pengkaderan di metalurgi yang biasa diistilahkan dengan alur pengkaderan HIMAMET (terdiri dari Metal Camp, Masa Bimbingan, Camp Pengkaderan, magang, sampai aplikasi menjadi pengurus di HIMAMET). Sekali lagi kita tidak akan membahas mendetail alur pengkaderan. Biarkan rekan-rekan pengurusHIMAMET yang akan menjabarkan hal tersebut. Tapi lebih kepada ”arti dari sebuah pengkaderan diMetalurgi” seperti judul di tulisan ini; berbagi opini dan pengalaman tentang pentingnya sebuah pengkaderan. Karena banyak orang -khususnya di metalurgi- saat ini tidak menyadari hal tersebut malahan tidak peduli.

Ironisnya, orang yang sudah mengikuti pun kebingungan saat di tanya ”apa arti dari semua ini ??”

Apa artinya??

Ketika orang ditanya tentang ini, tentu banyak persepsi saat menjawabnya –pro dan kontra-. Kebanyakan orang yang apatis memandang pengkaderan sebagai hal yang sia-sia, yang lebih kejam lagi diartikan sebagai ajang balas dendam bagi mahasiswa baru. Saya tidak memaksa rekan-rekan untuk setuju ataupun tidak. Hanyasaja mari kita telaah lebih jauh. Sebab kadang kita menutup mata akan manfaat yang didapatnya. Arti dari sebuah pengkaderan sebetulnya sama di organisasi manapun. Tapi, kita kerucutkan di metalurgi. Menurut pandangan saya, setelah mengikuti alur pengkaderan -sebagai orang yang pernah dikader dan mengkader- secara garis besar ada tiga arti yang bisa didapat dari pengkaderan di metalurgi: arti kekeluargaan, arti kebersamaan dan arti pembelajaran.

Arti kekeluargaan; bisa diartikan sebagai ajang pembentukan ikatan kekeluargaan di Metalurgi, ajang PDKT (pendekatan,Pen). Pengkaderan biasanya melibatkan semua elemen (Civitas akademica Metalurgi; dosen, mahasiswa berbagai angkatan, alumni, serta karyawan metalurgi) yang notabene-nya sangat sulit mencari waktu berkumpul karena berbagai kesibukan. Pengkaderan inilah yang memfasilitasinya. Dengan ini terciptalah suatu nuansa kekeluargaan, antara yang di kader dan yang melakukan pengkaderan. Saling mengenal dan berbagi cerita, sehingga setelah selesai pengkaderan pun tidak ada kecanggungan lagi -saat ada keperluan gampang-gampang saja, tinggal saling bertanya dan saling membantu-. Istilah keluarga pun bukan sekedar kata-kata melainkan di aplikasikan.

Arti kebersamaan; kita sadari bahwa manusia adalah mahluk sosial, terlepas siapapun kita pastilah membutuhkan orang lain. Hal ini di simulasikan di pengkaderan, langsung maupun tidak langsung, disadari atupun tidak. Dimana kita melakukan segalanya dalam kondisi yang sama, susah dan senang, bukan hanya antar peserta tetapi juga panitia dan seluruh partisipan. Saling mempertanggungjawabkan satu dengan yang lainnya, bahu-membahu. Kita juga akan diuji untuk menghargai nilai kebersamaan itu. Kita sama-sama jauh dari sanak keluarga. Yang ada hanyalah rekan-rekan di metalurgi. Disitulah bagaimana kita mencoba belajar untuk beradaptasi, mandiri, dan bersosialisasi agar kita berada dalam satu tujuan sama yang ingin dicapai. Kita bukan superman tapi superteam. Satu team untuk satu tujuan. Bukankah demikian pada kehidupan nyata. Kita butuh oranglain untuk mencapai sukses. Ingat, banyak orang pinter yang tidak sukses karena dia tidak bisa bekerjasama dengan orang lain. Jadi disinilah arti kebersamaan dari pengkaderan, mengajarkan kita untuk bekerja secara bersama-sama dalam mencapai suatu tujuan.

Arti pembelajaran; Arti pembelajaran di sini mencakup dua aspek, aspek pembelajaran yang diberikan melalui materi-materi (dunia kuliah dan dunia mahasiswa) dan aspek pembelajaran yang terjadi secara proses alamiah dilapangan (arti dari kehidupan). Sebab harus kita sadari dan kita yakini bahwa mahasiswa bertugas bukan hanya to kuliah tetapi ada aspek sosial di sana yang nantinya harus di aplikasikan di masyarakat. Di bangku perkuliahan memang kita akan diajari tentang ilmu kemetalurgian, tetapi kita tidak akan diajari bagaimana nanti saat menghadapi orang, saat kita berkomunikasi yang baik, berattitude yang bagus, dan lain sebagainya. Padahal ini mutlak diperlukan oleh kita mahasiswa sebagai Iron stock di masyarakat. Di pengkaderan inilah kita diajari hal tersebut sebagai bekal kedepan, menyongsong kehidupan.

Terlepas dari itu semua, tentunya segala sesuatu ada kekurangannya, begitupun pengkaderan ini. Tinggal pintar-pintar kita menyikapi dan mendapatkan arti dari proses ini.

Kesimpulan

Saya menulis ini bukan berarti keberpihakan. Tapi didasarkan atas keprihatinan. Sebab dari tahun ke tahun, waktu ke waktu selalu saja ada yang enggan untuk mengikutinya, selalu saja ada yang merasa di perbudak saat di minta mengikutinya. Memang hal wajar, dan kitapun tak bisa menuntut. Hanya saja setidaknya mereka mau membuka mata dan telinga untuk memahami tujuan dari semua ini, agar bisa memandang sisi positifnya bukan dari sisi negatifnya

Itulah gambaran umum pengkaderan. Mengapa saya mau ber cape-cape ria mengungkapkannya. Jawabannya singkat saja, karena saya telah jatuh cinta pada metalurgi UNTIRTA. Mau jatuh cinta??? Ikut pengkaderannya!!!! (www.regest.wordpress.com)

Salam Metal

(Never die metallurgy )

*(Mahasiswa metal 2004/ pengamat keluarga metal/ Mantan Ketua HIMAMET periode 2006-2007)

Tentang Riki Gana

Riki Gana Suyatna
Galeri | Pos ini dipublikasikan di BERANDA, Opini. Tandai permalink.

4 Balasan ke Arti sebuah pengkaderan di METALURGI:

  1. silver parade berkata:

    terima kasih atas ilmu yang dibagikan.

    silver-parade.blogspot.com
    silver_parade@yahoo.com
    hima.material.its.ac.id

    Himpunan Mahasiswa Teknik Material (HMMT FTI – ITS)
    Teknik material & metalurgi ITS

  2. Gloretta berkata:

    Saya saat mendaftarkan diri untuk PPKB UI bidang teknik metalurgi dan material. tapi jujur, kadang masih bimbang banget soalnya jarang ada cewek yang masuk metal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s