Batubara bayah:Latar belakang Skripsi

Sumber daya batubara di Indonesia cukup besar dengan total cadangan kurang lebih 39 milyar ton. Menurut studi Markal, bila diasumsikan laju pertumbuhan produksi batubara mencapai 12,4 % per tahun, maka batubara Indonesia dapat dimanfaatkan hingga tahun 2166. Padahal jumlah cadangan yang digunakan dalam perhitungan studi tersebut menggunakan data cadangan pada tahun 1993, dimana pada saat itu jumlah cadangan batubara baru sebesar 36 milyar. Suatu Potensi yang benar-benar melimpah. Lokasi cadangan umumnya berada di sumatera (64%) dan Kalimantan (35%). Sementara itu, daerah-daerah lain seperti pulau jawa dan Sulawesi walaupun kecil telah dimanfaatkan pula, di kedua daerah tersebut lokasi konsumen tidak jauh sehingga walaupun cadangannya sedikit tetapi tetap ekonomis untuk dimanfaatkan. Di pulau Jawa, banyak pemakai batubara untuk berbagai keperluan, sedangkan di Sulawesi terdapat pabrik semen dengan kapasitas yang cukup besar.
Potensi sumberdaya batu bara di Banten kurang lebih sebanyak 10,3 juta ton, dalam bentuk sumberdaya tereka tersebar di wilayah banten selatan. Bayah yang merupakan salah satu dari tiga daerah primadona penghasil pertambangan jenis batubara selain daerah Kecamatan Bojongmanik dan Cimadiri memiliki cadangan secara umum pertambangan berkapasitas 10,975,000 ton dengan ketebalan 0,40 sampai 0,80 Cal/Gr. Batubara Bayah umumnya termasuk kategori peringkat rendah yang belum dimanfaatkan secara maksimal sehingga mengakibatkan kesulitan dalam pemasarannya. Selama ini penggunaan hanya sebatas penjualan bahan mentah ke konsumen. (Sumber; Dinas Pertambangan dan Energi Kab.Lebak).
Upaya untuk meningkatkan nilai tambah dan mengurangi dampak lingkungan batubara kualitas rendah dapat dilakukan melalui teknologi batubara bersih salah satunya yaitu mengubah batubara menjadi kokas briket batubara / coal upgrading. Batubara kualitas rendah dapat dimanfaatkan menjadi kokas tetapi karena rendah nilai bakarnya maka untuk meningkatkan kualitasnya harus dilakukan proses karbonisasi terlebih dahulu sebelum di briket sehingga nilai kalor dari batubara ini meningkat. Berdasarkan paparan di atas, maka pemanfaatan batubara lokal daerah bayah menjadi semikokas sangat penting dilakukan.

( By: Riki Gana Suyatna/041226/
Orang Banten selatan Aseli)

Tentang Riki Gana

Riki Gana Suyatna
Galeri | Pos ini dipublikasikan di BERANDA, KEILMUAN, Metalurgi. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s