Pemimpin Harapan Di Metalurgi ;Sebuah Opini

By: Riki Gana*)

Kepemimpinan adalah sebuah proses memberi arti /pengarahan yang berarti, terhadap usaha kolektif dan yang mengakibatkan kesediaan untuk melakukan usaha yang diinginkan untuk mencapai sasaran ( Jacob & Jacques, 1990:281).

Satu tahun periode kepengurusan di HIMAMET segera berakhir, tidak terasa waktu berlalu. Akhirnya tiba pada satu saat regenerasi, periode kedepan sudah menanti. Tampuk pimpinan harus segera berganti.

Berbicara sebuah organisasi tak lepas dari satu point penting, yaitu kepemimpinan (leadership). Seorang pemimpin sangat menentukan arah dan tujuan organisasi. Baik buruknya seorang pemimpin akan berpengaruh besar pada perubahan organisasi tersebut. Begitupun di Metalurgi, di keorganisasian HIMAMET, maju atau mundurnya organisasi tersebut sebagian besar di tentukan oleh pemimpin yang mengendalikannya.

HIMAMET yang sudah berumur cukup lama (since 1984) tentunya sudah berkali-kali berganti tampuk pimpinan. Dari generasi ke generasi dengan berbagai karakter kepemimpinan yang berbeda dan tentunya sesuai dengan keadaan zaman, sesuai dengan tantangan kedepan.

Sekedar berbagi opini, berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan bahwa tiba pada satu pertanyaan, bagaimanakah sosok ideal buat kepemimpinan kedepan??? Menjadi pemimpin di HIMAMET bukan hal yang main-main, bukan hal buat candaan, atau hanya sebagai ambisi pribadi untuk disegani. Tapi lebih dari itu menjadi pemimpin di HIMAMET adalah sebuah pengabdian tertinggi di metalurgi, oleh karena itu syarat pertama calon pemimpin adalah harus mempunyai kemampuan dasar untuk bisa memimpin. Karena satu periode kepemimpinan kedepan akan menentukan sebuah Warna di HIMAMET, baik dalam lingkup eksternal maupun internal. Ingat, pemimpin selalu diukur pada efektivitas kepemimpinannya, gagasan dan terobosan yang dilakukan serta orientasi pada misi dalam melaksanakan tugasnya.

Kalau dikerucutkan ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh calon pemimpin di Metalurgi, kriteria ideal sebagai tolok ukur layak atau tidaknya seseorang bisa memegang tampuk kepemimpinan di HIMAMET. Tentunya ini hanya bagian kecil dari banyaknya persyaratan normatif yang harus dipenuhi. Sebagai representasi dan aspirasi perwakilan dari seluruh angkatan, calon pemimpin di Metalurgi seyogyanya harus Dewasa dalam berpikir dan bersikap, Berattitude baik, Paham makna Kekeluargaan di Metalurgi, Paham AD/ART, Mengikuti alur pengkaderan, berpikir positif, tak memihak, meletakan kepentingan HIMAMET diatas segala-galanya, legowo dalam bersikap, siap di kritik dan tentunya haruslah tahan banting.

Hanya sayang, sebuah hal yang sangat ironis. Menjadi pemimpin di metalurgi kadang menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian kader-kader nya. Mereka hanya bisa mengekor dan saling dorong mendorong untuk jadi pemimpin di HIMAMET. Entah kenapa itu terjadi, tak cukupkah alur pengkaderan selama ini yang membuat mereka menjadi matang?? Pertanyaan besar yang memang harus kita pikirkan, karena hal tersebut tidak sesuai dengan cita-cita luhur para pendahulunya, yang selalu mengharapkan kader metalurgi adalah kader terbaik untuk bangsa dan negara ini.

Padahal kalau dilihat dari pengertiannya kepemimpinan hanya mempunyai dua arti penting yaitu, mengorganisir sesuatu dan mencapai sebuah tujuan organisasi. Jadi, kalau memang sudah tidak ada lagi yang berani untuk menjadi pemimpin di metalurgi, minimal sudah paham dua hal tersebut ya majulah untuk “berkorban” di Metalurgi…

Ada yang mengatakan, Jangan pernah mencari siapadia dan darimana asalnya. Tanpa kita sadari pemimpin itu adalah orang yang membaca dan memahami arti tulisan ini dan mengakuratkan pada sikap dan nilai hidupnya.

Selamat Berjuang…!!!!

Tunjukan metalurgi takkan pernah mati (Never die Metallurgy).

Salam Metal…………..

(Bukit Palem, 26 November 2008)

www.regest.wordpress.com

*) Mantan Ketua HIMAMET 20006-2007/ Pengamat keluarga Metal

Tentang Riki Gana

Riki Gana Suyatna
Galeri | Pos ini dipublikasikan di BERANDA, Opini. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s