Galena (PbS) Bayah

Gambar 1. Galena Bayah

* * *

Melihat Banten Selatan dari segi geologi dan Metalurgi Ekstraksi, rasanya akan begitu mencengangkan. Karena begitu banyaknya cadangan -terlepas dari besar dan kecilnya- Sumber Daya Alam disana. Sudah barang tentu, kita tak asing lagi dengan penambangan emas di cikotok, batu bara di Bayah serta batu Kapur di gugusan gunung-gunung di pasir curi, cikatomas,dskt.

Salah satu batuan yang tak kalah menarik disana adalah batuan Galena. Galena atau dikenal sebagai timah hitam di alam berupa senyawa PbS. Batuan galena merupakan bahan baku dari logam timah hitam (Pb). Melalui sebuah proses, batuan yang masih banyak mengandung unsur-unsur pengotor kemudian dimurnikan dan diambil logam timah hitamnya.

Di Indonesia, kebutuhan Pb masih belum dapat dipenuhi oleh ketersediaannya sehingga logam ini sangat dicari. Terlebih lagi, dengan adanya regulasi yang baru menyebabkan para eksportir tidak dapat lagi mengirim langsung dalam bentuk batuan/mineral ke luar negeri, tetapi harus diolah dulu setidaknya menjadi bullion (batangan).

Galena

Galena banyak dijumpai di sekitar batuan metamorf dan batuan beku. Galena
tersebut membentuk suatu jalur di antara rekahan batuan beku dan metamorf.
Singkapan mineral galena ini bisa terlihat di lereng bukit atau tepian sungai di
daerah batuan metamorf. Pada beberapa tempat, mineral galena ini berdekatan dengan unsur lain seperti tembaga (Cu). Batuan galena Indonesia saat ini kebanyakan diekspor untuk memenuhi kebutuhan industri di China.

Metode eksploitasi galena umumnya menggunakan peledakan atau secara
tradisional membuat suatu jalur bawah tanah (terowongan) diantara rekahan
batuan beku.

Untuk memisahkan mineral dari batuan galena, sifat masing-masing mineral baik fisik, kimia dan mineralogi harus dikenali dengan baik. Mineral galena PbS memiliki karakteristik sebagai berikut kekerasan mosh 3,5 s/d 4, berat jenis 7,2 s/d 7,6, metal mengkilap, warna abu-abu dengan garis hitam saat digores. Sedangkan Sphalerit ZnS sebagai mineral pendamping dengan karateristik kekerasan mosh 3,5 s/d 4, berat jenis 3,9 s/d 4,2, metal mengkilap, warna kuning, coklat atau hitam, goresan warna orange kuning. Pendamping lainnya, Chalcopyrit CuFeS2 bercirikan kekerasan mosh 3,5 s/d 4, berat jenis 4,1 s/d 4,3, metal mengkilap, warna kuning tembaga, goresan hitam kehijauan. (from any source)

***

Kembali ke bayah,, daerah yang kaya SDA tersebut ternyata belum teroptimalkan, termasuk Galena ini. Masih banyak pengusaha yang hanya menjual bahan bakunya saja, tanpa memperdulikan lingkungan tentunya. Padahal secara metalurgi proses, pengolahan Galena bisa kita lakukan dengan teknologi sederhana dan ramah lingkungan guna mendapatkan added value.

Disamping itu, adanya pengolahan galena didaerah sana akan membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat. Sehingga mungkin program pengentasan kemiskinan yang dicanangkan setidaknya sedikit-demi-sedikit dapat terealiasi.

Sebagai orang asli sana sebetulnya kadang merasa prihatin dengan kondisi tersebut. Makin hari kekayaan terkeruk tanpa menambah nilai apapun untuk masyarakat sekitar. Dilain sisi sebagai orang yang memang lulusannya dibidang metalurgi, merasa prihatin juga, penerapan ilmu sesungguhnya terbuka lebar disana. Tapi masih sedikit sekali –bahkan tidak ada- orang yang peduli akan hal tersebut.

Mungkin ini hanya sekedar opini, tanpa data-data yang akurat. Dari sebuah keterpanggilan anak daerah. Yang pasti saya berkeyakinan pengolahan Galena bayah bisa dilakukan. Dan saya yakin sebetulnya orang daerah asli pun dapat melakukannya.

Masih terngiang kata-kata orangtua dulu:

” tong jadikeun daerah ieu doang randa,,,, geus beunang amisna geura-geura ditingalkeun…”

” Jangan jadikan daerah kami layakna seorang janda, yang setelah habis manisnya dicerai begitu saja, ditinggalkan – Setelah dikeruk habis-habisan, hanya ditinggalkan terowongan-terowongan yang membahayakan masyarakat…”

Sungguh terlalu………………..

*****

gana,r

Tentang Riki Gana

Riki Gana Suyatna
Galeri | Pos ini dipublikasikan di KEILMUAN, Tambang Banten. Tandai permalink.

11 Balasan ke Galena (PbS) Bayah

  1. surya mario berkata:

    Kami setuju dengan apa yang anda sampaikan…Tapi sayang undang-undang minerba yang terbaru yaitu no.4 th 2009 membuat sulit investor baru untuk berkembang, cross check ke Distamben Lebak. kami peduli dengan masyarakat didaerah sekitar wilayah yang diduga mengandung mineral galena dengan pola kerja sama dengan masyarakat setempat tapi sayang UU minerba yang baru tidak mampu meng-akomodasinya (periksa masyarakat desa Cikadongdong)

    • Riki Gana berkata:

      terima kasih atas sharenya pak, insya Allah langkah yang saya dan teman Metalurgi di UNTIRTA sekarang adalah memulai penelitian yang terintegrasi. Mudah-mudahan ada manfaat untuk semua pihak…

    • simon berkata:

      Salut atas Perhatian pak Riki atas pedulinya terhadap kekayaan mineral di Baya. sekiranya ada no telp yang bisa di Share, sy ingin bincang2 lebih jauh dan diskusi lebih detail pak.

  2. yudhi berkata:

    wah…saya setuju sama pendapat anda,begitu banyak wilayah sekitar yang harus diolah oleh warga setempat yang mungkin ada yang bisa tuk mengolah lahan2 tersebut….saya mendengar banyak tentang batubara,dan lainnya

  3. asjuan berkata:

    haraga gelena sekarang berapa yah…???????

  4. suhandi berkata:

    pkbr riki? sy pernah kerja di pertambangan pengolahan timah di bangka belitung slm 3 thn. ketika sy pulang ada yang menawarkan proyek pengolahan galena, tp sayang orang2 tersebut tidak MAU membuat AMDAL,MK SY PUTUSKAN UNTUK MENOLAK PROYEK TERSEBUT karena sy tidak ingin daerah bayah dan skitarnya rusak. sy pikir anda sebagai putra daerah harus menjaga warisan kekayaan alam ini dengan pemanfaatan yang baik dan benar.tx

  5. idrus n berkata:

    pa kabar riki,saya juga put ra daerah dari cikotok men urut saya lebih baik ke pen gusaha lokal coba d ajak ke rja sama

  6. satrio berkata:

    Asalamualaikum wr.wb
    salam damai untuk agans
    smua..
    kami siap mensupply kebutuhan
    konsentrat Pb dgn kadar 70%
    up, franco jabodetabek
    Thx, wasalam
    satrio
    Info lebih lanjut:
    081290946407
    PIN 7D9F6E11

  7. satrio berkata:

    Asalamualaikum wr.wb
    salam damai untuk agans smua..

    kami siap mensupply kebutuhan konsentrat Pb dgn kadar 70%up (82,6%) 14000/kg, quota 4ton/2hari, payment: COD/cash, franco jabodetabek

    Thx, wasalam
    satrio

    Info lebih lanjut:
    081290946407
    PIN 7D9F6E11

  8. lukman berkata:

    Kalau kita mau bljr ttg timah hitam bisa kontak kemana ya? Mksh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s