Metalurgi Ekstraksi

Pendahuluan

Untuk menghasilkan logam dari bijihnya, diperlukan suatu proses ekstraksi metalurgi. Karena di alam bijih logam umumnya dalam bentuk oksida dan sulfida, maka untuk menghasilkan logam diperlukan reaksi reduksi dan oksidasi.

Proses ekstraksi metalurgi terbagi menjadi dua jalur, yaitu proses hidrometalurgi dan pirometalurgi. Perbedaan utama kedua proses tersebut terletak pada temperatur proses yang menyertainya. Proses hidrometalurgi terjadi pada temperatur rendah sedangkan proses pirometalurgi pada temperatur tinggi. Untuk selanjutnya akan dibahas proses pirometalurgi.

Pirometalurgi merupakan suatu proses pengambilan logam berharga dari bijihnya melalui temperatur tinggi. Oleh karena itu pada proses ini akan melibatkan pengetahuan tentang bahan bakar, reaksi-reaksi eksotermik dan perubahan fasa dari padat ke liquid.

Bijih

Bijih adalah perpaduan beberapa senyawa yang ari padanya terdapat kandungan logam yang dapat diekstraksi secara ekonomis. Jadi berdasarkan penjelasan tersebut, definisi bijih bersifat sementara atau tergantung dari waktu dan keadaan pada saat itu.

 

Metalurgi Eksraksi

Yang dimaksud dengan metoda ekstraktif adalah setiap langkah-langkah dari ekstraksi metalurgi yang menghasilkan logam-logam dengan kemurnian tertentu. Langkah metoda ekstraktif ini dapat dikatakan konstruktif untuk menghasilkan logam tertentu. Proses ekstrak logam ini juga dapat dikatakan sebagai Kimia Metalurgi. Hal ini disebabkan karena proses ekstraksi logam selalu melibatkan reaksi kimia. Sedangkan hasilnya yang berupa logam, dapat berubah kembali menjadi senyawa kembali.

Langkah-langkah Metoda Ekstraksi :

  1. Proses Ekstraksi

Adalah rangkaian pekerjaan untuk menghasilkan logam dari kumpulan senyawa atau bijih.

  1. Proses Pemurnian

Pekerjaan lanjut dengan tujuan untuk mempertinggi kemurnian logam-logam mentah atau untuk memperbaiki sifat-sifat logam

Untuk menentukan proses ekstraksi yang akan dikerjakan, maka harus dilihat keadaan-keadaan sebagai berikut :

  • Sifat-sifat fisik logam
  • Produk yang akan dihasilkan
  • Fasilitas yang ada
  • Keadaan sumber endapan
  • Bahan baku lain yang diperlukan untuk ekstraksi

 

Klasifikasi Proses Ekstraksi Metalurgi :

  1. Pirometalurgi

Proses pirometalurgi ini merupakan pengambilan logam dari bijihnya yang umumrnya paling tua. Proses ini berhubungan dengan temperatur tinggi dan sebagian besar berlangsung sampai terjadi peleburan. Sifat dari proses pirometalurgi ini cepat (jam).

  1. Hidrometalurgi

Proses ekstraksi logam yang biasanya berlangsung pada temperatur kamar dan melibatkan reaksi air. Proses hidrometalurgi ini lebih mampu untuk mengolah bijih-bijih yang berkadar rendah. Proses yang terjadi biasanya pelarutan. Sifat dari proses hidrometalurgi ini adalah lamabt (proses berlangsung antara hari sampai bulan)

  1. Elektrometalurgi

Proses-proses ekstraksi dan pemurnian yang melibatkan energi listrik sebagai dasar-dasar ekstraksinya. Prinsip yang digunakan adalah elektrolisis dan elektrokimia.

Proses-proses hidrometalurgi umumnya berhubungan dengan elektrometalurgi baik secara fisik maupun kepada penggunaannya. Sedangkan suatu proses pirometalurgi yang pembangkit panasnya dari energi listrik disebut proses elektrothermik.

Suatu proses ekstraksi metalurgi didasarkan keilmuan sebagai berikut :

  • Termodinamika –> Ilmu ini akan menjawab apakah reaksi dapat berjalan atau tidak. Jadi jika diterapkan pada proses ekstraksi, akan dapat diramalkan apakah proses ekstraksi yang akan dilakukan dapat berjalan dengan baik atau tidak.
  • Kinetika –> Ilmu ini akan menjawab berapa lama proses akan berlangsung, karena dari kinetika akan dapat ditentukan berapa besar laju reaksi yang terjadi. Dan dengan ilmu ini dapat dirancang dan diupayakan agar laju rekasi lebih besar atau dengan kata lain proses ekstraksi dapat dipercepat.
  • Perpindahan panas dan Perpindahan massa
  • Teknologi Proses –> Teknologi proses saat ini berkembang sangat pesat, sehingga tiap teknologi proses perlu dipelajari dengan detail.

 

 

###

Tentang Riki Gana

Riki Gana Suyatna
Galeri | Pos ini dipublikasikan di BERANDA, Metalurgi. Tandai permalink.

4 Balasan ke Metalurgi Ekstraksi

  1. Anky Fadharani berkata:

    bang,, numpang copy paste ya.. buat tugas euy.. thanks for infonya..

  2. Benny berkata:

    Bang mau nanya ni, Proses Bayer dan Proses Hall-Heroult Pada Exstraksi Al2O3 dan AL dari bauksit masuk dalam katagori metalurg yang mana ya? TQ

  3. wily bluk-bluk berkata:

    assalamu’alikum..

    kang mau tanya neh klo cri buku mengenai materi metalurgi di area banten dmna ya kang?
    mohon infonya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s