UJI REFRAKTORI

Beberapa uji refraktori yang umum dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Sifat Struktur, terdiri atas uji true density, bulk density, keporian, analisa kimia, mineral dan bentuk dari struktur refraktori. Untuk uji dari sifat struktur ini dapat digunakan alat alat piknometer, timbangan dan gelas ukur, alat difraksi sinar X, alat scanning electrone microscope.
  • Sifat mekanik pada tempertur kamar, terdiri atas kuat tekan, kuat lentur dan kut tarik. Untuk uji sifat mekanik ini digunakan alat Universal Testing Machine.
  • Sifat mekanik pada kenaikan Temperatur, terdiri atas beberapa uji yaitu sifat terjadinya deformasi pada kenaikan temperatur, seperti terjadinya softening, viscous atau terjadinya leburan, dengan menggunakan alat heating microscop. Juga ada uji seger cone squating Index, Refractories Underload, Creep Underload, dan Hot of Modulus rufture.
  • Thermal Properties, yaitu ada uji termal expansi on, permanent volume change, spesific heat capasity, dan heat conductivity. Untuk pengujian ini dilakukan dengan menggunakan alat dilatometer, sigmat, calorimeter dan conductymeter.
  • Thermal schock resistance, yaitu dengan melakukan uji pada perubahan temperature yang mendadak dan perbedaannya cukup besar.
  • Slag (corrosion) Resistance, yaitu ketahanan bahan keramik terhadap bahan kimia termasuk gas dan uap.
  • Uji dalam penggunaan, seperti uji ketahanan terhadap bahan kimia, pembentukan fasa padat yang baru, pembentukan kristal campuran dari cairan slag, pengaruh dari gas, uap dan debu dan pengaruh perubahan temperatur. Dalam pengujian ini dipilih sesuai dengan kebutuhan, seperti untuk kebutuhan penelitian, kebutuhan untuk quality control, standarisasi, pengembangan produk dan ketahanan dalam penggunaan, sehingga uji diatas dapat dipilih sesuai keinginan dari peneliti, atau perusahaan yang memerlukan. Standar yang dapat digunakan yaitu ASTM, DIN atau SNI.

Tentang Riki Gana

Riki Gana Suyatna
Galeri | Pos ini dipublikasikan di BERANDA, PEKERJAAN dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s